Mengikuti Seleksi Kepala Dusun

 


Aku tinggal di Dusun Sukopuro, Desa Kwaron, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Akhir tahun 2020 ada seleksi perangkat desa serentak dan kebetulan di Desa Kwaron ada kekosongan bagian perangkat desa yaitu pada bagian Kepala Dusun Sukopuro. Aku pun ikut seleksi.


Adapun seleksi yang harus diikuti adalah :


1. Seleksi Administrasi

Seleksi administrasi dilaksanakan tanggal 6 Desember 2020 sampai dengan 16 Desember 2020. Persyaratan yang perlu disiapkan adalah sebagai berikut :





Dari seleksi administrasi, jumlah peserta yang lolos sebanyak 9 orang yaitu :



2. CAT (Computer Assisted Test)

Ujian dilaksanakan di Universitas Tujuh Belas Agustus (UNTAG) Surabaya pada tanggal 16 Desember 2020. Kegiatan test tetap mematuhi protokol kesehatan karena pada waktu itu masih di masa pandemi Covid-19. Adapun materi yang diujikan adalah : 

  1. Test Intelegensi Umum
  2. Test Kepribadian
  3. Test Wawasan Kebangsaan
  4. Test Pengetahuan Desa

Pada tahap ini yang sangat aku sayangkan adalah pada test kedua (test kepribadian). Aku salah proses cara mengirim jawaban sehingga hanya memperoleh nilai 50 dari nilai maksimal 150 (padahal peserta lain nilainya di atas 100 karena test kepribadian termasuk test yang paling mudah diantara empat materi yang diujikan).



3. TEST WAWANCARA

Wawancara dilakukan oleh kepala desa kepada peserta pada tanggal 17 Desember 2020. Proses wawancara dilakukan di Ruang Kepala Desa satu persatu sesuai nomor urut pendaftaran.


4. HASIL

Setelah dilakukan Test Wawancara dan Sidang Pleno oleh panitia. Ditetapkan Kepala Dusun Sukopuro yang baru adalah Pak Wakhid Hayim Asyari karena memperoleh nilai tertinggi.



Selamat untuk Pak Wahid, semoga diberikan kelancaran dalam menjalankan tugas. Dan terima kasih kepada panitia yang telah membantu proses seleksi dari awal hingga akhir tanpa ada kendala yang berarti.









Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Bekerja sebagai Credit Marketing Officer di Perusahaan Leasing

Pendakian Tek-Tok Gunung Penanggungan via Kunjorowesi

Pengalaman dan Suka Duka Menjadi Kolektor Leasing