Pengalaman Bekerja sebagai Credit Marketing Officer di Perusahaan Leasing



Berhubung sudah 6 bulan kerja di perusahaan leasing / finance / pembiayaan sebagai Credit Marketing Officer (CMO), aku jadi pingin nulis blog tentang pengalaman menjadi seorang CMO. 6 bulan memang relatif singkat, tapi seenggaknya sudah mengerti seluk beluk dari dunia leasing ini. Pada blog ini akan aku buat 5 poin penjelasan tentang CMO :

1. Apa Itu Credit Marketing Officer?
2. Apa saja Daily Activity Seorang CMO?
3. Penghasilan CMO?
4. Sukanya menjadi CMO
5. Dukanya menjadi CMO

Oh iya aku bekerja di perusahaan leasing di  Cabang Jombang. Aku menjadi CMO pada produk New Motor (memberikan kredit berupa motor, jadi untuk seterusnya yang dibicarakan disini mengenai produk motor baru ya). Perusahaan ini di Jombang sendiri termasuk yang paling maju untuk era sekarang, dapat dilihat sendiri di Ruko Cempaka Jombang, kantor yang paling ramai nasabah ya perusahaanku ini.

1. Apa Itu Credit Marketing Officer?
Kalo ngetik di google, penjelasan CMO adalah : bagian dari divisi pemasaran dari perusahaaan pembiayaan / leasing / finance yang mempunyai tugas memasarkan produk pembiayaan, mencari nasabah, memproses aplikasi pembiayaan, melakukan survey kelayakan konsumen, dan membina hubungan baik dengan dealer / showroom. Tugas utama dari CMO adalah survey (jadi tidak salah juga jika ada yang bilang CMO itu saama dengan Surveyor). Lalu apa yang di-survey? Yang di-survey adalah calon konsumen yang ingin kredit sepeda motor. Calon konsumen tersebut akan kredit motor lewat dealer, nah sales di dealer ini yang kemudian melimpahkan calon konsumen ke CMO untuk di-survey layak tidaknya diberikan kredit. Lalu apakah CMO ini juga mencari konsumen / nasabah? Jawabannya adalah iya, namun tidak secara langsung. Yang mencari nasabah / konsumen adalah sales dari pihak dealer (karena target pasar sales dealer adalah masyarakat luas), namun target pasar CMO adalah sales-sales di dealer. Jadi CMO harus membina hubungan baik dengan dealer terutama sales agar konsumen yang mereka dapat masuk dan di-survey oleh CMO.

2. Apa Saja Daily Activity Seorang CMO?
Anggap saja aku sudah lama kerja sebagai CMO, jadi daily activity-ku kurang lebih seperti ini :
  • Check lock pagi sebelum jam 8 (kalo telat nanti ada potong gaji). Kalo sebulan gak pernah telat ada reward.
  • Mengumpulkan map aplikasi survey ke supervisor (jika hari sebelumnya kita melakukan survey dan ternyata calon konsumen yang kita survey layak diberikan kredit).
  • Briefing pagi (jika ada) dengan kepala cabang. Tidak setiap hari briefing sih.
  • Setelah briefing, jika tidak ada keperluan di kantor, seharusnya menuju dealer. Tapi biasanya teman-teman CMO ada yang ngopi dulu atau pulang lagi buat sarapan. Baru siangnya menuju dealer jika belum ada jadwal survey.
  • Melakukan survey kepada calon konsumen (pemohon kredit). Apa saja yang dinilai? Yang dinilai adalah karakter konsumen, jumlah penghasilan dalam sebulan, hasil cek lingkungan, history kredit sebelumnya, tujuan penggunaan unit yang dikredit, jenis pekerjaannya, status tempat tinggalnya, dan lain-lain.
  • Setelah survey, lalu mengirim laporan online ke supervisor, map aplikasi survey bisa dikumpulkan ke supervisor esok harinya.

3. Penghasilan CMO
Sepengalamanku, ada 5 penghasilan yang diterima oleh CMO :
  • Gaji Pokok. Yang besarnya tergantung UMK kota masing-masing.
  • Insentif. Kalo bisa memasarkan minimal 15 unit motor, maka akan dapat insentif. 15 motor termasuk mudah sih.
  • Insentif Dealer. Biasanya kalo kita diberikan order dari delaer dan kita acc, kita akan dapat insentif. 1 unit yang kita acc biasanya diberi insentif 100ribu. Jadi ambil contoh dalam sebulan kita memasarkan paling minim 15 unit motor, kita dapat insentif dealer 1,5juta (belum lagi insentif dari kantor sendiri). Namun memang tidak semua delaer memberikan insentif, tapi kebetulan dealer yang kupegang biasanya memberiku insentif.
  • Fraud. Ini uang dari konsumen. Biasanya setelah kita melakukan survey, kita akan diberikan amplop oleh calon konsumen tadi (isinya sudah pasti uang dong), namun tidak melulu uang, kadang juga rokok. Nah jika konsumen yang kita survey memiliki usaha budidaya ikan mujair, kadang kita juga diberikan ikan mujair.
  • OD-an. OD (Order Dewe). Ini biasanya CMO juga mencari konsumen secara langsung (baik dari orang yang dikenalnya atau dari masyarakat luas). Kalo udah dapat calon konsumen, kita berikan ke dealer. Untungnya disini CMO akan dapat uang subsidi dari dealer yang tidak sepenuhnya diberikan ke calon konsumen tersebut (biasanya ada pemberian subsidi dari dealer ke konsumen). Rata-rata keuntungan dari OD-an adalah 500ribu.
Itu dia 5 penghasilan dari CMO. Dalam sebulan, biasanya dapat penghasilan lebih dari 5-6 juta bahkan bisa lebih.

4. Sukanya Menjadi CMO
Dalam setiap pekerjaan tentu ada suka dan dukanya. Untuk sukanya menjadi CMO adalah :
  • Jam kerja yang fleksibel. Seperti yang dijelaskan di atas. Jika sedang tidak ada jadwal survey, kita bisa ngopi atau pulang ke rumah (pokoknya besoknya ada aplikasi yang dikumpulkan dan target penjualan di bulan ini tercapai). Kalaupun ada jadwal survey, kita juga bisa janjian dengan calon konsumen tentang jam survey-nya (misal siang hari kita malas survey karena panas, kita bisa janjian survey sore harinya). Tapi biasanya, kalo aku begitu dapat order langsung aku survey, karena dalam sehari aku bisa dapat 3-5 jadwal survey, kalau ditunda-tunda malah repot di belakang nanti. Selain itu, kita juga dicap jelek oleh sales / dealer karena dinilai malas survey atau lama memberikan hasil survey.
  • Penghasilan yang menarik. Karena penghasilannya bisa 6juta perbulan bahkan lebih dengan jam kerja yang fleksibel, tentu enak kan. Tapi disini nanti juga ada dukanya.
  • Mempunyai banyak relasi. Selama aku survey, aku sudah banyak menyurvey banyak orang dengan latar belakang pekerjaan. Ada yang bekerja di Cheil Jedang, ada yang Bank BRI, Bank Mnadiri, Indomarco, PT KAI, Telkom, PLN, Admin, dan beberapa konsumen yang memiliki usaha budidaya ikan, pengrajin brankas, pengusaha meubel, dan lain-lain. Konsumen tersebut hingga saat ini aku jaga hubungannya, dan siapa tau nanti jika ingin bekerja di perusahaan mereka, kita bisa minta info-info ke mereka. Atau jika kita memiliki minat jadi pengusaha, bisa minta ilmu-ilmunya ke mereka.

5. Dukanya Menjadi CMO
  • Jam kerja yang fleksibel. Jam kerja yang fleksibel juga ada gak enaknya nih. Terkadang ada calon konsumen yang kerja di luar kota, pulang sabtu malam sehingga minggu paginya kita survey. Atau konsumen yang pulang kerja jam 5 sore, jadi kita survey habis magrib. Tapi jika survey habis magrib dan ternyata rumah konsumen ada di daerah Mojowarno, dan kebetulan ada CMO lain yang rumahnya Mojowarno, bisa dialihkan ke CMO tersebut. Semua dilakukan untuk target penjualan diri sendiri agar dapat insentif sih. Hari minggu juga harus ada yang piket. Dalam sebulan, aku hanya libur 2 sampai 3 kali aja.
  • Adanya kredit macet. Nah, ini jika ada konsumen yang sudah kita acc, namun ada kendala pembayaran (misal usahanya sepi atau di-PHK dari pekerjaannya), kalo telat pembayaran angsuran beberapa hari sih gak masalah, tapi kalo telat sampai ganti bulan, itu berdampak pada Performance CMO (alhasil nanti grading CMO bisa turun sehingga nilai insentif juga turun). Sehingga penghasilan kita yang seharusnya 6 juta tadi, kadang di akhir bulan kita buat nalangi angsuran konsumen tadi yang belum bisa bayar. Hingga tulisan blog ini dibuat, total uangku yang masih dipinjam konsumen sekitar 4jutaan. Aku pribadi sih gak masalah kalo untuk nalangi, asalkan tidak tidak mengganggu dari gaji pokok dan konsumen yang aku talangi memang alasan tidak bisa bayarnya jelas (biasanya karena kena musibah).
  • Ditagih dokumen yang kurang oleh admin kredit. Biasanya pas kita survey, calon konsumen ini tidak menyiapkan persyaratan dokumen yang harus dipenuhi (misalnya slip gaji, surat keterangan domisili dari desa apabila alamat tempat tinggal berbeda dengan yang di KTP, bukti kepemilikan rumah, dan lain-lain). Sebenernya bisa menyusul di lain hari, tapi calon konsumen ini lama banget kalo menyiapkan, jadi kadang CMO yang ditagih sama admin kredit.
  • Di akhir bulan biasanya bingung jika ada konsumen yang kredit macet. Nah ini kalo sudah kepepet banget, harus nalangi kalo pingin perform tetep bagus. Tapi biasanya gak 100% nalangi total angsurannya konsumen sih. Misal konsumen punya angsuran 750ribu, dibagi 3 dengan CMO, Kolektor, dan sales, jadi masing-masing nalangi 250ribu. Maka jangan heran kalo dunia leasing disebut juga Dunia Pertalangan hahaha...
  • Ketemu sales nakal atau dikasih data calon konsumen yang jelek. Kalo ini biasanya pas awal-awal jadi CMO. Jadi sales ini punya calon konsumen, sales tau kalo calon konsumen ini jelek tapi sales ini kan juga butuh penjualan, jadi data calon konsumen yang jelek tadi dikasih ke CMO baru. Kalo ini cara menyiasatinya ya kita harus sering-sering ke dealer dan membina hubungan baik dengan dengan dealer atau sales-nya, kalo sudah terbina dengan baik, sales pun jadi sungkan kalo ngasih data jelek ke kita.

Jadi kesimpulannya enak gak sih jadi CMO? Semua tergantung passion sih. Beberapa temanku CMO betah dengan alasan karena kerjanya di lapangan, jadi bisa nyantai dan jam kerjanya fleksibel. Tapi ada juga yang tidak betah kerja di lapangan dan akhirnya resign. Kalo aku sejauh ini ya betah-betah saja (alasannya juga karena aku kebetulan dipercaya oleh 3 dealer sekaligus, jadi target bulanan biasanya tercapai). Dan dealer yang kupegang ini juga kebetulan memberi insentif setiap kali ada aplikasi kredit yang aku acc.


Komentar

  1. Terima kasih sudah berbagi ceritanya, syaa kebtulan akan mulai jadi CMO besok dan ini memberi saya sedikit gambaran tentang pekerjaan CMO

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama. Semoga diberi kelancaran dalam bekerja.

      Hapus
  2. Makasiii infonyaaa kebetulan saya juga besok muali kerja jadi cmo di oto,kira2 ada gambaran tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saran saya waktu survey dan cek lingkungan, lebih digali lagi tentang konsumen (dari segi karakter dan penghasilan). Dan jangan sampai terprovokasi oleh sales.

      Hapus
  3. Bang kalo cmo di Mega finance gmn ya? Besok mau naro lamaran sih ke kantor nya, lebih ke survey apa sales? Makasih bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih ke survey bang. Cmo nya cuma lebih pendekatan lagi ke sales biar dapat orderan dari salesnya.q

      Hapus
  4. Kebetulan minggu dpan saya ada interview bg di Maybank finance, tapi sebagai kolektor. Kira² tekanan dari atasan berat tidak ya kalau kita tidak mendapat setoran setelah kunjungan, dan kalau untuk penarikan merupakan tanggung jawab kolektor perusahaan atau ada kolektor eksternal (kolektor luar) yg melakukan ?
    Terima kasih bg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo di bagian kolektor di beberapa leasing kadang ada target mingguan (weekly) dan akhir bulan (eom), nah yang eom ini yang wajib capai. Kalo misal ada di satu hari nggak dapat setoran, tapi ada konsumen yang bayar lewat payment point, ya gak masalah, yang penting konsumen bayar jadi kan ada progress performance.

      Hapus
  5. Maaf bang ini abang kerja di leasing apa yaa?

    BalasHapus
  6. Makasih bang ceritanya sangat membantu. Kalo NSC Finance gimana bang? Ada lowongan kerja, tapi di kota saya seperti cabang baru, menurut abang gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau NSC maaf kak kurang tau. Soalnya di kota ku masih belum ada NSC Finance jadi nggak punya kenalannya.

      Hapus
    2. Saya kerja di NSC kak, bagian Credit Analyst Supervisor nya

      Hapus
  7. Hal yg harus di perhatikan pertama terjun CMO itu apa sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Survey yang benar, salah satunya cekling (cek lingkungan / tanya2 ke tetangga mengenai konsumen). Cekling bisa berupa pekerjaan konsumen, karakter konsumen, status tempat tinggal, dll.

      Hapus
  8. jam kerjanya dan hari hari liburnya sama kaya di kantor bang? sy dapet panggilan buat jadi marketing officer di sumut ventura tapi belum saya jawab soalnya saya sambil kuliah weekend

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jam kerja normalnya jam 8 - 5 sore (tapi fleksibel). Jadi misal diantara jam tersebut tidak ada jadwal survey bisa disambil kegiatan lain.

      Hapus
    2. izin tanya mas,itu posisi jam 8 - 5 kalo misal ga ada jadwal survey harus stanby di kantor apa gmana ya mas?

      Hapus
    3. Stanby di dealer dulu. Lalu bisa stanby di warung / rumah kalo udah ke dealer (yg penting udah siap kalo ada orderan survey masuk).

      Hapus
  9. Bang, boleh tanya ngga?
    Dilihat dari komentar diatas kan katanya abang cmo di mega finance ya. Kalo untuk di mega itu sendiri tugas cmo itu surveynya buat motor baru aja atau sama motor bekas juga?

    BalasHapus
  10. mas, kalo di wom ada gambaran gak mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bedanya kayaknya cuma yang stay di dealernya. Kalo wom gak ada CSD nya (customer service dealer).

      Hapus
    2. Besok aku udah mulai training di WOM finance, bagian MOA atau Marketing Agent Officer, kira kira sama ngga jobdesk nya sama CMO?

      Hapus
  11. bang mau tanya, apakah setiap hari ada laporan harian, semisal kita hari itu tidak closing gmna bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tiap pagi ngumpulkan map aplikasi hari sebelumnya bang. Tapi kalo hari sebelumnya ga ada survey / ada survey tapi data tolak semua, ya gak usah ngumpulkan. Yang penting pas closing akhir bulan bisa target.

      Hapus
  12. Gua mau ngelamar jafi admin admin ajalh biar nagih cmo hahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang nagih2 itu collection (kolektor) dong 😁

      Hapus
  13. Om km dlu CMO Mega finance ?? Jobdesk CMO lebih ke Survey atau ke marketing ? & Produk yg dijual apa aja Motor baru dan Dana tunai gitu? Trus problemnya kalau motor baru ada penurunan gak soalnya efek pandemi kan masih, terakhir gimana kebijakan Management misal CMO gak target dalam 3 bulan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Iya Mega Finance.
      2. Lebih ke survey.
      3. Kalau saya khusus motor baru. Mega Finance juga ada dana tunai & alat elektronik, tapi sudah beda penanganannya dengan saya.
      4. Untuk sekarang, penjualan sudah berjalan lancar. Tapi di cabang lain mungkin barangkali ada yang masih belum normal penjualannya.
      5. Mungkin bisa tidak diperpanjang kontraknya (3 bulan itu keitung masa training ya). Tapi bisa juga tetep diperpanjang kok. Tergantung kepala cabang / KPO.

      Hapus
    2. Mas boleh minta Facebook gak? Mau tnya2 klau boleh ya cm klau gak kebales disini,
      Btw untuk Mega Finance dana tunai Benefit/keuntungan untuk CMO selain gaji pokok apa aja mas apa ada uang pulsa, uang bensin, BPJS, dll soalnya aku Uda lolos psikotes

      Hapus
    3. Jarang main FB sih.
      Ada instagram @mothoriq

      Hapus
    4. Mas job desk Collection di mcf itu gimna ya kalau.boleh tau

      Hapus
  14. Mas mau tanya kalo jadi cmo di fifgroup kira" gambarannya gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo dapurnya FIF kurang tau sebenernya. Tapi kalo FIF daerah sini 'katanya' kalo ada kredit macet, yang dipress itu kolektornya. CMO jarang nalangi (kalo konsumennya sudah bayar 2 atau 3 bulan angsuran).

      Hapus
  15. Izin tanya, apakah jika kita bekerja sebagai karyawan baru langsung dikasih target bulanan? Biasanya target bulanan kan mengacu banyaknya atau dapat tidaknya konsumen yang bisa di apply, nah jika dalam satu bulan tidak ada sama sekali atau pas closing tidak ada alias 0 apakah Mempengaruhi gaji?

    Intinya manakah yang merupakan gaji pasti dan mana yang merupakan reward?? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Meskipun baru masuk, tetap dikasih target, dan ada masa training 3 bulan. Kalau tidak target ya tidak diperpanjang kontraknya. Misal tidak target tapi ada kepala cabang melihat ada potensi, tidak menutup kemungkinan diperpanjang juga.

      Gaji pokok dibayar tiap awal bulan yang jumlahnya tetap. Insentif pertengahan bulan.

      Hapus
  16. Mas untuk CMO Mega dana tunai, itu emang bener cari nasabah ya? dan selain gaji pokok dengan insentifnya gimana? Apa ada uang pulsa, uang pemeliharaan kndraan, BPJS?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama ada salesnya juga, CMO nggak sepenuhnya full cari nasabah. Uang pulsa ada, bpjs ada tapi setelah kerja 1 tahun, pemeliharaan kendaraan gak ada.

      Hapus
  17. terimakasih telah berbagi sukses buat blognya, mas punya saran ga buat calon CMO lulusan baru yg belum tau dunia perleasingan?

    BalasHapus
  18. Sama-sama.
    1. Jangan sepelekan cek lingkungan saat survey.
    2. Jangan terlalu nggak enakan sama sales agar nggak gampang diakali sama sales.

    BalasHapus
  19. Mau nanya bg..
    Seandainya kita ragu dengan calon konsumen apa yg harus dilakukan, sementara kalau kita tidak ACC kita dicap jelek sama dealer dan sales.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang penting alasan tolaknya jelas mas. Kalo salesnya banding, bisa akad2an sama salesnya buat ikut ngawal pembayaran konsumen, misal konsumen gagal bayar, mau nggak salesnya ikut nalangi

      Hapus
    2. Om, kebetulan saya mau interview, mau tanya Pak, kalau di wom finance posisi "marketing rentention officer" itu apa ya pak? Soalnya saya cari di google malah keluar CMO atau hampir sama Pak?

      Hapus
    3. Kalo tidak salah ya mas. Itu marketing bpkb (dana tunai) yang sasarannya adalah konsumen yang sudah punya nama (sudah pernah pengajuan di wom dan sudah lunas). Jadi konsumennya di-follow up lagi biar mau pengajuan dana lagi.

      Hapus
  20. Tanya dong, Ini ada offering dari CMO bank Mega, cuma masih bimbang soal work pressurenya. Sebelumnya di Marketing otomotif, luar biasa pressure targetnya dan lingkungan kerja dari atasan juga sangat tidak baik. Untuk bank mega kurang lebih seperti apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung karakter dari kepala cabangnya juga sih mas kalo itu.

      Hapus
  21. Kalo target nya berapa bang sebulan di mega finance?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung. Ada yang 25 unit, ada yang 40 unit.

      Hapus
  22. mas tanya dong, kalo CMO Otto finance itu gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Garis besarnya ya sama mas. Cari order di dealer, survey, sama mengkawal angsuran konsumen agar bayar tepat waktu sampai beberapa bulan.

      Hapus
  23. Saya baru daftar jd CMO di SMS Finance, barusan di WA lolos tes, trs besok senin interview. Mau ningal jejak aja nanti pas fix keterima bakalan dateng lagi untuk tanya2 bang 🙏 sejauh ini baca artikel dan komentar sudah ketangkep garis besarnya kerjaan CMO apa

    BalasHapus
  24. Assalamualaikum, maaf mas aku mau ikut tanya tanya juga.
    Maksud dari kalimat mas yang mengatakan "alasannya juga karena aku kebetulan dipercaya oleh 3 dealer sekaligus" ???
    Terus untuk mendapatkan kepercayaan dari dealer itu, emang sudah ditentukan oleh kantor atau emang kita atau cmo mencari dealer tersebut untuk di ajak menjadi bagian dari leasing yang mas pegang.
    Sebelumnya, makasih mas.
    Sangat bermanfaat informasinya, dan semoga diberikan kemudahan dan kelancaran dalam kerja. Dan utamanya sehat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awalnya kita ditentukan oleh kantor ke dealer mana kita harus stay (dealer yang sudah MoU sengan kantor). Terus kita harus sering2 kesana. Kalo ada order, kalo bisa segera disurvey / janjian dulu sama konsumen kapan bisa disurvey. Kalo sudah survey, segera buat laporan hasil survey ke supervisor biar orderannya langsung ada hasil (jangan ditunda2). Kalo kita kerja cepat nanti sales dealer juga senang dan percaya sama kita. Kalopun hasil surveyan kita tolak, pastikan alasan tolaknya masuk akal (yang bisa diterima oleh sales).

      Hapus
    2. Oke baik mas, terimakasih saran dan penjelasannya.,
      Oiya maaf, kalo untuk laporan nya gimana mas ? Lewat aplikasi "tertentu" atau hanya sebatas chat lewat WhatsApp atau laporan secara hardcopy langsung ke kantor ?

      Hapus
    3. Lewat WA sama ada ngerjakan map pengajuan kredit konsumennya mas.

      Hapus
  25. Om kalo konsumen macet, kita ga nalangin. Apa kita kena beban perusahaan? Sama kalo kita keluar apa kena beban km?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo gak nalangin ya otomatis grading/performance kita jelek dan gak bisa survey lagi.

      Hapus
  26. Permisi Mas TS mau tanya ada gambaran mengenai CMO Syariah di MUF ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk gambaran umumnya ya seperti yang saya tulis. Tapi kalo ngomongin per perusahaan, setiap perusahaan mungkin agak sedikit berbeda. Untuk cmo di muf ssys kurang paham.

      Hapus
  27. .mas mau tanya kalo posisi di sales marketing officer & retention officer nya itu yg mega multiguna itu sperti apa si mas gambaran kerjanya? Kira2 kalo dalam masa training sebulan ga nyampe target itu bakal tidak diperpanjang ga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Retention officer sepertinya memfollow up konsumen2 yang pernah order di mega kak

      Hapus
  28. Mau tanya mas kalau seandainya menjadi cmo di WOM finance dan cmo cmo di leasing lain itu biasanya yang membedakan apa ya mas? Dan pas interview sih di jelaskan akan tetap dapet gaji pokok sebulannya meskinpun ga sampai target, apa itu benar mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kerjanya hampir sama mas. Dan tetap ada gaji pokoknya kok.

      Hapus
  29. Mas mau tanya, kalo OD (Order Dewe) itu berati sama perusahaan ga dihitung ya performancenya?

    BalasHapus
  30. Mau tanya bang semisal kita udah berkerja sebagai cmo, tapi setelah 1 bulan kita mau resign karena enggak betah tapi kita masih punya tanggungan konsumen yang belum bayar itu gimana bang? Apakah di perbolehkan resign?

    BalasHapus
  31. Mas kalo kita resign kerja setelah 1 bulan kerja apakah kita tetap mendapatkan gaji?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enggak dapat mas. Kan sudah resign dan nama/nomor indul karyawan pasti di non aktifkan.

      Hapus
    2. Kalau risend nya pas 3 hari setelah gajian boleh risegn kan ya mas

      Hapus
    3. Terserah mas. Banyak yang resign setelah gajian atau THRan juga kan buktinya.

      Hapus
  32. Minimal kuotanya brapa motor sebulan klo mcf, mas? Pake motor sendiri ya? Bensinnya diganti ato nombok sendiri?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teragntung kalo targetnya. Pakai motor sendiri. Kalo uang transport biasanya dijelaskan waktu interview / tanda tangan kontrak.

      Hapus
  33. dana talangannya udah balik bang? berarti kalo talangan gitu urusannya udah sama konsumen yg nunggak ya?

    BalasHapus
  34. Bang, mau tanya ni..
    Untuk CMO mobil dengan CMO motor berat dimana si mndpt orderan dan resiko nya itu seperti apa? Bang mohon info nya bang, Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo cmo mobil kurang tau. Tapi logikanya lebih susah jadi cmo mobil. Soalnya orang kredit motor gampang (dp cuma beberapa juta atau bahkan ratusan ribu jika ada dp program, udah bisa lredit motor). Terus kalo mobil angsurannya kan jelas lebih gede juga.

      Hapus
  35. bang aku mau nanya. jobdesk divisi supervisor marketing dan cmo perbedaan nya apa bang? terus jga kalau kita krrja di perusahaan leasing ijazah asli memang harus ditahan ya bang? aku cewek bang dan aku keterima di SMS FINANCE di divisi itu, cuman ngga aku ambil karna aku ragu dan aku baru tau informasi pengalaman yang aku temui kek abang ini sebeelumnya ngga ada. terimakasih bang 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbaknya waktu itu ikutan program MT ya? Beberapa perusahaan nahan ijazah mbak. Terus kalo resign ada penaltinya juga.

      Hapus
  36. Mas mau tanya untuk gambaran kerja di BFI finance ada ga mas? Kebetulan saya mau OJT di program MT HETO (Heavy Equipment Truck Only)

    BalasHapus
  37. bang kalo misalnya di CMO Bank Mandiri itu garis besar sama aja ya bang ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bank Mandiri atau Mandiri Utama Finance ini?

      Hapus
  38. Sampai sekarang gimana mas, masih bekerja sebagai CMO mega kah? Untuk jenjang karirnya sendiri bagaimana ya?

    Kebetulan hari ini saya ada interview CMO di Mega juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah keterima kak? Gimana suasananya?

      Hapus
    2. Masih di mega finance tapi sudah promosi jabatan

      Hapus
    3. Bang saran dong, saya tinggal ttd kontrak jadi cmo mega finance di dealer mobil bekas terus saya cewek. Bakal susah gak ya

      Hapus
  39. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  40. Permisi mas mau nanya..

    kan diartikel CMO itu saling talang menalang nih, karena konsumen kreditnya macet.
    contohnya jika dalam 7 bulan si konsumen kreditnya macet ?.. apakah kita nalangin terus ?...

    gw ambil contohnya buruknya-lah.

    Lalu apakah ketika kita resign harus tetap membayar(nalangin) atau sebenarnya dalam beberapa bulan untuk masalah konsumen itu di pindah tangan bukan kita lagi ?...

    terus kalo masih baru di dunia CMO apakah langsung di lepas atau nanti ada pengajarnya/teman training gitu ya bang ?...

    terima kasih jika memang berkenan mau memberikan share pengalaman mas dalam masalah buruk di CMO.

    BalasHapus
  41. Bang, CMO ada yang perempuan nggak sih?

    BalasHapus
  42. dpt uang bensin ga kak

    BalasHapus
  43. Apa bner mas di mega finance nahan ijazah?

    BalasHapus
  44. Mas saya dapet interview dari WOM untuk CMO, tapi saya masih ragu.

    BalasHapus
  45. Saya baru saja mengajukan Pinjaman Mobil dari Tn. Pedro dan perusahaan pendanaan investasinya serta Pinjaman Tanpa Subsidi. Setelah melakukan riset pada beberapa pemberi pinjaman, saya memilih Discover karena mereka tampaknya menawarkan beberapa manfaat terbaik di pasar (pada saat ini) dengan suku bunga 2%. Hubungi Tn. Pedro di pedroloanss@gmail.com melalui whatsapp: +393510140339. untuk mengajukan jenis pinjaman apa pun.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pendakian Tek-Tok Gunung Penanggungan via Kunjorowesi

Pengalaman dan Suka Duka Menjadi Kolektor Leasing