Pendakian Gunung Prau via Pathak Banteng

 

Gunung Prau merupakan salah satu gunung yang terkenal di Wonosobo atau bahkan Jawa Tengah. Sunrise gunung ini dan pemandangannya sangat bagus bahkan view Merbabu-Merapi menjadi ikonik karena menjadi latar belakang merk salah satu brand air mineral: Aqua.

 

Jalur Pendakian Gunung Prau sangat banyak antara lain via Pathak Banteng, via Dieng, Via Wates, via Kalilembu, via Kenjuran, via Dwarawati, via Pranten, dan via Campurejo. Diantara jalur-jalur tersebut, Pathak Banteng merupakan jalur paling favorit karena akses ke basecamp sangat mudah dan jarak serta waktu pendakiannya lebih singkat. Namun tak sedikit juga yang memilih lintas jalur karena jarak antar basecamp juga tidak terlalu jauh.

 

Kali ini aku berangkat hanya berdua Bersama temanku dari Yogyakarta menggunakan sepeda motor. Waktu yang diperlukan dari Yogyakarta ke Basecamp Pathak Banteng sekitar 3 jam.

 


 

Kondisi basecamp sangat baik, terdapat banyak sekali warung, tempat penyewaan alat pendakian, mushola, kamar mandi, parkir luas, serta ruangan luas untuk menginap bagi pendaki yang mungkin datang dari jauh atau kemalaman sampai basecamp dan mengharuskan untuk menginap dulu.

 

Waktu yang diperlukan untuk sampai ke Puncak Gunung Prau sekitar 2 sampai 3 jam

 

Basecamp – POS 1

Menuju POS 1 diawali dengan menyusuri pemukiman warga dan menaiki tangga lalu ketemu dengan jalanan batu (makadam) yang tersusun rapi. Ada juga jasa ojek yang hanya sampai POS 1 ini, atau jika sudah turun, kita juga bisa menggunakan jasa ojek yang tukang ojeknya banyak yang stand by di POS 1 ini.


 

POS 1 – POS 2

Menuju POS 2 kita tetap melewati banyak tangga dan menyusuri perkebunan sayur. Menuju POS 2 ini kita akan melewati banyak warung-warung.


POS 2 – POS 3

Menuju ke POS 3 kita sudah melewati hutan. Jalur tetap menanjak hampir tidak ada bonus. Jalurnya banyak yang terdapat akar pohon juga.

 

POS 3 – PLAWANGAN

Menuju Plawangan jalur yang ditempuh tetap nanjak. Hutan akar menanjak dan jalur tangga yang tersusun dari batu.

Plawangan – Sunrise Camp

Menuju sunrise camp jaraknya sangat dekat yaitu kurang dari 5 menit. Disini adalah spot terbaik untuk camp dan menikmati sunrise. Gunung Merbabu-Merapi terlihat sangat jelas.


 

Sunrise Camp – Camp Telaga Wurung

Menuju Telaga Wurung jalurnya sudah mulai landau melewati hamparan rumput yang luas. Kita bahkan bisa jogging saat akan menuju Telaga Wurung. Area Telaga Wurung bisa digunakan untuk camp namun sedikit yang camp disana karena view nya masih kalah jika dibandingkan di Sunrise Camp.


 

Camp Telaga Wurung – Puncak

Dari plak Camp Telaga Wurung menuju puncak sangat dekat tidak sampai 5 menit. Puncak Gunung Prau berada di ketinggian 2.590 MDPL.


Perlu diketahui kalau di Gunung Prau ini tidak ada sumber air sehingga jika melakukan pendakian, pastikan membawa air yang cukup. Menuju POS 2 juga banyak warung yang juga jualan air.

Gunung ini meskipun tidak sampai 3.000 MDPL, namun suhu di Pegunungan Dieng ini sangat dingin. Jadi pastikan untuk membawa pakaian tebal yang hangat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Bekerja sebagai Credit Marketing Officer di Perusahaan Leasing

Pendakian Tek-Tok Gunung Penanggungan via Kunjorowesi

Pengalaman dan Suka Duka Menjadi Kolektor Leasing