Menjadi Jobseeker

"Selamat menjalani hidup yang sesungguhnya"

Itu mungkin kalimat yang sering diucapkan teman ketika kita baru saja wisuda. Bagaimana tidak, ketika sudah lulus kita dituntut untuk mencari kerja (bisa juga sih bisnis dari ilmu yang diperoleh dari pendidikan yang telah ditempuh) agar bisa mandiri secara finansial. Malu dong kalo umur sudah 20-an tapi masih minta duit orang tua.

Aku sendiri alumni Politeknik Negeri Jember jurusan Manajemen Agribisnis, dan wisuda (alias peresmian menjadi pengangguran) pada tanggal 5 Oktober 2019. Gelar yang ku peroleh yaitu Ahli Madya Pertanian (A. Md. P). Jujur walaupun pertanian, tapi aku BUTA sekali tentang pertanian. Aku lebih tertarik pada manajemennya.

Aku sebenernya ditawari bekerja di Koperasi Simpan Pinjam (KSP) penempatan di Mojokerto atau Malang. Tapi masih belum aku iya-kan. Alasannya pingin aja nyari kerja atas usaha sendiri. Tapi yang di KSP tadi juga tidak aku tolak langsung, jaga-jaga kalo emang gak ketrima sana-sini akhirnya bisa ke situ.

Sebelum diwisuda, tentu saja aku mencari lowongan-lowongan pekerjaan untuk dilamar. Harapannya biar setelah wisuda, gak nganggur lama-lama dong. Aku cuma cari lowongan lewat instagram dan aplikasi karir.com, dari banyaknya lowongan yang ada, masih belum ada yang aku lamar (karena aku masih stay di Jember karena urusan yudisium dan wisuda). Jadi daripada naruh/ngirim lamaran tapi pas interview gak bisa datang gara-gara masih di Jember, ya mending sekalian aja setelah yudisium/wisuda (BTW, jadwal yudisium tanggal 30 September 2019 dan wisuda tanggal 5 Oktober 2019).

Tidak berapa lama, aku mendapatkan info lowker (lowongan kerja) di Bank M******* KCP Jombang sebagai CS dan Teller, batas pengumpulan berkas tanggal 30 September 2019. Selain itu, ada juga info Job Fair di Jombang tanggal 2-3 Oktober 2019 dengan syarat sudah registrasi online dan memiliki Kartu AK1 (Kartu Pencari Kerja). Kuputuskan pulang ke Jombang bersama temanku Hafid untuk menaruh lamaran di Bank M******* KCP Jombang sebagai CS dan lalu pergi ke Disnaker Kabupaten Jombang untuk membuat Kartu AK1. 

Berkas di Bank M******* KCP Jombang sudah kutaruh, tapi sampai aku wisuda belum ada panggilan dari perusahaan (aku positive thinking saja, mungkin tidak diterima).

Tanggal 1 Oktober 2019 (H+1 setelah yudisium) aku pulang ke Jombang karena besoknya mau ikut Job Fair. Aku berniat melamar sebanyak-banyaknya lowongan yang ada (dalam pikiranku, yang penting kerja aja dulu, terserah di bagian lapangan atau di kantor).

(Info Jobfair)

Tanggal 2 Oktober 2019 aku mengikuti Job Fair. Ada 13 perusahaan yang aku bidik, tapi hanya ada 9 yang kulamar (sisa 4 karena ternyata aku tidak sesuai kriteria di bagian jenjang pendidikan dan pengalaman kerja). Perusahaan-perusahaan tersebut dan posisi yang aku lamar yaitu :
1. PT P** P****** Group (Asst. Management)
2. PT S** Indonesia, Tbk (Promotor)
3. PT B** Finance Indonesia (Surveyor)
4. Bank P**** (Marketing Mikro)
5. PT B****** C**** P**** (Finance Accounting Staff)
6. PT M*** Finance (Credit Marketing Officer)
7. PT V**** S***** D*** M****** (Desk Collector)
8. PT F** (Collection Field)
9. PD B** B*** J****** (Customer Service)

(Berkas Lamaran Kerja)

(Pembukaan Jonfair)

(Suasana Jobfair)

Dari 9 perusahaan itu, hanya 3 yang memanggilku untuk interview (yaitu PD B** B*** J******, PT M*** Finance, dan PT F**). Interview dengan PD B** B*** J****** langsung hari itu juga dan hingga kini belum ada panggilan lagi. Kemudian PT M*** Finance dan PT FI** menghubungiku tanggal 4 Oktober 2019 (ketika aku masih gladi bersih wisuda), mereka menjadwalkanku untuk interview tanggal 5 Oktober 2019 jam 9 (saat aku wisuda dong), nah itu sudah positif tidak bisa. Tapi aku meminta nego jadwal kepada PT M*** Finance untuk interview hari senin (7 Oktober 2019) dan dikabulkan, jadi H+1 wisuda aku langsung pulang.

Tanggal 7 Oktober 2019 aku ke kantor PT M*** Finance, aku diinterview. Interview yang dilakukan lumayan lama tapi lancar. Kemudian besoknya aku disuruh kembali lagi untuk interview lagi bersama kepala cabang. Interview kedua berjalan lancar karena pertanyaan-pertanyaan hampir sama dengan interview pertama. Setelah itu aku pulang. Tanggal 10 Oktober 2019 aku ditelpon oleh kantor pusat (Jakarta) dan diberi pertanyaan standart, dan tanggal 11 Oktober 2019 aku di-WA oleh atasan pada bagian yang aku lamar dan diberi tau kalo aku diterima kerja per 14 Oktober 2019.

Dan mulai 14 Oktober 2019 sampai ditulisnya blog ini (11 November 2019), aku sudah dan masih bekerja di PT M*** Finance Jombang sebagai Credit Marketing Officer (CMO) / Surveyor. Mungkin lain kali aku akan membuat tulisan lagi tentang bekerja sebagai CMO.

Buat teman-teman yang masih menjadi jobseeker, tetap semangat kawan! Pengalamanku ini memang tidak sesulit dan biasa-biasa saja jika dibanding tulisan dan perjuanagn teman-teman yang lain dalam mencari kerja. Tapi aku yakin perjuangan tidak mengkhianati hasil 💪💪💪

"Semoga kita semua diberikan kesuksesan. Aamiin."


Komentar

  1. numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Bekerja sebagai Credit Marketing Officer di Perusahaan Leasing

Pendakian Tek-Tok Gunung Penanggungan via Kunjorowesi

Pengalaman dan Suka Duka Menjadi Kolektor Leasing