Batu Singa Gunung Sumbing dan Fenomena Pareidolia

Jika kalian mendaki Gunung Sumbing via Garung, sebelum puncak kalian akan menemukan batu yang biasanya dinamakan Batu Singa. Batu Singa merupakan spot foto unik karena jika dilihat dari samping, akan nampak seperti kepala singa jantan. Berikut ini adalah foto Batu Singa.

Batu Singa Gunung Sumbing

Apakah kalian melihat bentuk kepala singa? Nah fenomena ini disebut dengan Pareidolia.

1. Apa Itu Pareidolia?
Pareidolia adalah fenomena psikologis seseorang yang yang dapat mengenali suatu bentuk, pola, atau objek tertentu (biasanya wajah) padahal yang dilihat adalah benda mati. Dalam ilmu kesehatan, fenomena ini terkadang digolongkan ke dalam ilusi visual (keliru menangkap dan mengartikan suatu gambar) atau bahkan halusinasi visual (seoalah-olah melihat wajah padahal tidak ada apa-apa).

2. Contoh Pareidolia
Fenomena Pareidolia pasti sering kita temui, seperti bentuk awan yang mirip binatang, noda di tembok yang mirip wajah, dan benda-benda yang seperti memiliki wajah. Berikut adalah gambar-gambar yang memiliki wajah sekaligus mengetes apakah kalian mengalami pareidolia atau tidak.







3. Apa Pareidolia Berbahaya?
Sebagian ahli berpendapat bahwa beberapa orang memang terlahir dengan kecenderungan untuk langsung memproses suatu benda mati menjadi bagian wajah tertentu sehingga Pareidolia dianggap sebagai sesuatu yang normal, tak perlu dikhawatirkan. 

Komentar

  1. numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Bekerja sebagai Credit Marketing Officer di Perusahaan Leasing

Pendakian Tek-Tok Gunung Penanggungan via Kunjorowesi

Pengalaman dan Suka Duka Menjadi Kolektor Leasing